Kritik tanpa solusi

Kritik tanpa solusi? Kedengerannya nggak enak banget ya. Tapi itu lebih baik daripada tidak ada kritik sama sekali.

Sebagai pengembang amatiran, saya seringkali dapat proyek-proyek kecil dan kebanyakan user hanya paham sedikit mengenai dunia teknologi informasi. Tugas saya adalah membangun aplikasi yang foolproof (siapa saja bisa memakainya dengan mudah).

Membangun aplikasi yang ramah pengguna bukan perkara mudah. Mewujudkannya ternyata membutuhkan banyak masukan dari sesama rekan pengembang. Tapi yang paling utama adalah masukan dari pengguna.

Pengguna seringkali memberi kritik tanpa saran.
Misalnya:
Mas, formnya kok susah banget ya?
Ini kok loginnya ga bisa ya.
Aplikasinya kayaknya enakan yang dulu deh.
Saya sudah daftar tapi kok email belum masuk ya.
Ini kok aplikasinya lambat ya.
Saya maunya X, yang Y dibuang aja.
dan lain-lain

Perlu diketahui, pengguna seringkali tidak tahu apa yang mereka inginkan dan tidak tahu cara kerja berbagai teknologi informasi dibalik layar. Dan seringkali kritik sulit dibedakan dengan makian. Tapi tidak apa-apa, berita baiknya adalah kita punya goal atau tujuan yang sama. Jadi, adalah tugas kita, pengembang untung membimbing mereka sehingga visi kita sebagai pengembang dan keinginan user sejajar menuju goal yang sudah ditetapkan.

Kadang-kadang, sebagai pengembang muda yang merasa ahli, ego kita super tinggi. Kita menganggap aplikasi buatan kita ini sudah keren, bagus, dan sesuai. Dikritik jadi kesal dan marah. Tapi jangan kuatir, itu semua cuma proses yang harus dilalui dengan kepala dingin.

Semakin sering berkomunikasi dengan user, semakin cepat pula kita menghasilkan solusi atas kritik-kritik tadi. Kritik adalah kemajuan bukan kemunduran. Jadi kalau ada yang kritik membabi-buta dan tanpa solusi jangan marah ya, ngopi dululah kalo lagi kesel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s