Redesign Halaman Login Sisfo STMIK Nusa Mandiri

So, today I have spare time. Jadi daripada otak tidak terasah lebih baik melakukan sesuatu yang berguna buat otak. Ceritanya dulu saya pernah kuliah IT (jadi malu saya) di sebuah universitas swasta bernama STMIK Nusa Mandiri. Tiap kali mau ujian, mau lihat nilai, mau lihat jadwal dan segala macam keperluan kemahasiswaan lainnya saya harus melihat halaman ini:

Sebetulnya sudah bagus. Halaman ini mudah dipahami dan fungsional.

Namun dari segi usability (asek sok keren bgt ini yg nulis), halaman ini kurang baik. Pengumuman ditampilkan di bagian atas melalui mekanisme scroll vertikal. Kenapa kurang baik? Jika ingin melihat pengumuman yang relevan, user atau mahasiswa harus menunggu. Bagi yang paham mungkin bisa menekan control+U dan langsung melihat sourcenya. Tapi itu kan jadinya ga seru dan tujuan website sebagai penyedia informasi kurang kena sasaran.

Dari segi tampilan keseluruhan, rapi. Tapi saya akui website ini kurang kosmetik dan sedikit kaku. Kadang-kadang kalau lagi mau ujian online melihat tampilan putih ini suka stress. Atau ketika pengumuman ujian. Tampilan website ini kadang-kadang bikin deg-degan. Tapi yang lebih deg-degan lagi kalo ga bisa login sih… Eaaaa, maaf nggak nyindir loh.

Kemudian terakhir, penggunaan tag html dan kawan-kawannya. Siapa juga yang peduli sama kode, yang penting tampilan cantik. Bagi saya inner beauty sama pentingnya dengan outer beauty. Jadi kalau tampilan bagus tapi hati masih galau, mendingan nonton kuliah Shubuh dulu pagi-pagi. Nah jadi ceritanya page ini masih pakai tag
. Ugh please dehh, hari genee bikin layout pake table? Emang kenapa pake tabel? Gapapa juga, cuma itu jadinya… gini…

Jadi dalam rangka menghabiskan waktu, saya buat deh halaman login yang baru. Mungkin lebih bagus, mungkin juga lebih jelek. Baiklah, silakan dilihat:

Okay, jadi ceritanya halaman ini ada maksudnya loh. Pemandangan di belakang ini ceritanya untuk icon-icon landscape atau mungkin pemandangan menarik di Indonesia (pan kita cinta Indonesia). Idenya sih supaya pas mau login tatkala ujian memanggil, mahasiswa nggak stress dan tiba-tiba pengen traveling sambil jajan bakso. Kemudian pengumuman saya buat di satu tempat, supaya tidak menunggu-nunggu scrolling yang kurang nyaman itu. Di sebelah kanannya ada 3 berita terakhir bisa di pull via RSS atau apa saja mungkin dari berita-berita kampus.

Navigasi paling atas itu sangat modular dan bisa diubah-ubah sesuai keperluan. Dan yang paling penting, halaman tadi dibuat menggunakan framework foundation4 yang responsive itu loh. Jadi kalau dibuka di telepon pintar, di tablet, di kapsul, di puyer, di sirup, halaman akan menyesuaikan dengan lebar screen. Katanya sih namanya media query. Ah, saya kurang tahu, saya tahunya cuma buat aja.

Berikut ini adalah preview lainnya menggunakan background yang berbeda. So What do you think? Saya sebetulnya pengen ngasih demonya, tapi saya ga punya hostingan yang asoi, jadi preview aja ya.



3 thoughts on “Redesign Halaman Login Sisfo STMIK Nusa Mandiri

  1. Ceritanya dulu saya pernah kuliah IT (jadi malu saya) di sebuah universitas swasta bernama STMIK Nusa Mandiri. Seharusnya tulisannya jadi “Ceritanya dulu saya pernah kuliah IT (jadi malu saya) di sebuah universitas swasta “Ternama” dijakarta STMIK Nusa Mandiri.”

  2. Saya Newbie GAN…

    mau belajar bikin BLOG…. agar tampilannya SIMPEL tapi UNIK yang mudah bagaimana GAN….. “untuk seorang newbie kyk gw untuk mempelajari desain kode HTMLnya”

    Thank’s gan

Tinggalkan Balasan

