Google DNS

Memang agak telat, tapi biarin deh, siapa tahu ada yang nyasar kesini gara-gara mesin pencari. Dan otak saya sedang luang dan hang, jadi setelah makan ketupat sayur, menulis berita basi ini.

Google sekarang punya public DNS, loh (basi juga yah, padahal dah lama banget). Hmm emang apaan sih DNS itu? DNS singkatan dari Domain Name System atau kalau diartikan System Penamaan Domain. Jadi DNS itu yang memberi nama IP-IP address di internet. Misalnya google.com, yahoo.com, anu.com, babibu.com, dsb.

Ketika Badu mengakses sebuah website, misalnya: http://www.tukangbecak.com maka sebelum Badu sampai ke website sesungguhnya, sebetulnya pada saat itu  Badu melakukan permintaan ke DNS untuk nama tukangbecak.com. Setelah DNS memberitahu bahwa dia memiliki IP address dengan nama itu, DNS melanjutkan permintaan Badu ke web server sesungguhnya. Kemudian permintaan dikabulkan dan akhirnya Badu memperoleh halaman web yang diinginkannya.

Tentu saja kejadiannya berlangsung cepat dan tepat jika tidak ada hambatan. Jadi DNS bisa juga diartikan sebagai buku telepon. Yaah siapa sih yang bisa menghapal IP address di internet? Coba deh seandainya DNS tidak ada, mungkin akan terjadi dialog-dialog aneh seperti ini:

  • Badu: eh gw mau kirim email ni ke elo, alamat email lo apa ya?
  • Amir: oh lo kirim aja ke amir_keren@202.14.5.10
  • Badu: eh eh apa tadi alamatnya?
  • Amir: A – M – I – R underscore K – E – R – E – N et 202 titik 14 titik 5 titik 10
  • Badu: Oh ok, nanti gw kirim ya gambar yang mirip Ariel sama mirip Luna Maya itu. Oh atau lo bisa juga download di 202.65.10.85/download/koleksi_porno/
  • Amir: Ok deh nanti gw coba…

Ternyata DNS mirip phone book di handphone kan? Para pemilik handphone jarang sekali menghapal nomor-nomor telepon di dalam telepon mungilnya. Paling satu atau dua nomor kekasih dan simpanan bisa dihapal, tapi rekan bisnis sih tidak atau jarang dihapal. Tanpa DNS, kita harus menghapal alamat IP.

Balik lagi ke Google DNS. Google punya dua alamat IP public DNS yang bisa digunakan siapa saja. DNS dari Google lumayan mempercepat reaksi loading website dan layanan-layanan milik Google.

  1. DNS 1: 8.8.8.8
  2. DNS 2:8.8.4.4

Ahh tidak adil, IP address Google cantik sekali.

One thought on “Google DNS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s