Busy but Available

Bulan yang sangat sibuk. Media online yang sedang saya maintain membutuhkan monitoring terus menerus. Tapi seperti biasa, kapanpun saya membutuhkan jawaban, cukup tanya Google.
Semakin banyak pengunjungnya, semakin banyak pula query dan proses yang harus dilakukan server. Jadi untuk mengurangi beban, saya harus:

  1. Meng-hardcoded link CSS, javascript, favorite icon, gambar header, pokoknya semua yang nggak akan berubah-ubah dalam waktu dekat ini.
  2. Mentweak sedikit MySQL supaya max. connection nya lebih banyak. Tweaking MySQL biasanya usaha terakhir.
  3. Membuat expire header untuk gambar-gambar dan link-link yang tidak akan berubah-ubah dalam waktu dekat ini. Jadi browser di user tidak akan mendownload ulang gambar-gambar dan script serta style yang telah diberi tanda.
  4. Memindahkan foto/gambar dan media lainnya ke dalam subdomain tersendiri. It’s kinda funny but it really boosts your site.
  5. Dan terakhir saya baru tahu, ternyata Javascript seharusnya diletakkan di bawah bukan diatas . Hal itu mencegah tidak terbukanya situs jika salah satu Javascript mengalami kemacetan.

Finished Projects

ReptilX.com Front Page

ReptilX ini berdiri tahun 2007. Sebetulnya waktu itu saya tidak terlalu bisa membuat website. HTML juga masih tersendat-sendat apalagi CSS atau PHP. Tapi pemilik ReptilX sekaligus sahabat saya ini berbaik hati membebaskan dan menyerahkan semua proses pembuatan website ke saya. Of course, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk belajar. Jadi bagi saya ReptilX adalah karya sekaligus guru saya yang paling saya hormati. It marks my first online media.

12-monkeys.com

12-monkeys adalah sebuah website event organizer milik teman saya yang memiliki visi hebat dan canggih dalam berinternet marketing. Dia selalu tahu menengahi situasi, jadi saya selalu percaya metode-metodenya.  Walaupun saat ini 12-monkeys sedang mengalami masa hiatus, informasi-informasi di dalamnya tidak pernah berhenti dari mulai informasi tentang event di Jakarta hingga informasi cara membuat event yang baik.

blues-shelter.com (Gugun Blues Shelter Official Site)

Gugun Blues Shelter adalah sebuah band blues yang baru saja menelurkan album keempatnya. Kebetulan, sang drummer, Bowie adalah teman baik saya. Jadi saya didaulat untuk membuatkan websitenya. Ternyata membuat sebuah website band tidak semudah yang saya bayangkan. Bukan teknisnya sih sebetulnya yang sulit, tapi nuansa dan disainnya supaya sesuai dengan warna band itu sendiri. Tapi sekali lagi personil Gugun Blues Shelter yang super berbakat dan enak didengar itu memang orang-orang yang baik dan membebaskan saya berkreasi. Jadi, mudah-mudahan kalian tidak kecewa.

Upcoming Projects

Klikboa.com adalah situs e-commerce berisi merchandise yang berkaitan dengan reptil. Yap, situs ini berafiliasi langsung dengan ReptilX.com. Jadi mudah-mudahan bisa menjadi kolaborasi yang hebat antara reptilx.com dengan klikboa.com.

Ina-blues.com adalah website resmi milik Indonesian Blues Association. Asosiasi ini tahun 2009 lalu sukses menyelenggarakan Jakarta International Blues Festival. Jadi tahun ini mereka ingin mengulang sukses yang sama dan saya didaulat menangani media centernya.

So, yeah I’m busy but I’m available… terutama kalo diajak makan yaahahahaha.

One thought on “Busy but Available

Tinggalkan Balasan

